PT. Poso Energy Bantu Penerangan Lokasi FDP

id Poso

PT. Poso Energy Bantu Penerangan Lokasi FDP

Festifal Danau Poso 2016 (fb)

Lokasi FDP Tentena akan jadi terang benderang
Poso (antarasulteng.com) - PT Poso Energy, investor swasta nasional yang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sulewana, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, memberikan bantuan penerangan listrik untuk lokasi Festival Danau Poso (FDP) di Kota Tentena, Kecamatan Pamona Utara.

"Pejabat PT.Poso Energy datang ke sini barusan dan mengatakan bahwa hari ini mereka akan memasang 12 mata lampu penerangan di lokasi FDP milik Pemkab Poso di Kota Tentena," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Poso Yosep Magido di Poso, Selasa.

Mata lampu tersebut akan disebar di sepanjang jalan mulai dari pintu masuk perempatan Universitas Kristen Tentena menujua lokasi FDP dan di dalam ajungan FDP.

Ia menjelaskan bahwa bantuan PT Poso Energy ini merupakan bentuk kerja sama melalui mekanisme dana tanggung jawab sosial kemasyarakatan (CSR) perusahaan yang bernaung di bawah Kalla Group itu kepada Pemkab Poso.

Mata lampu yang akan dipasang berupa lampu sorot dan lampu jalan, tetapi tidak menggunakan daya listrik dari PLN, melalinkan tenaga matahari (solar cell), namun tiang lampu memanfaatkan tiang listrik PLN yang sudah terpasang saat ini.

Menurut Yosep, batuan lampu solar cell ini sangat membantu Pemkab Poso sebab tidak perlu membayar rekening tagihan listrik di PLN yang cukup mahal setiap bulan.

Dengan pemasangan lampu tersebut, kata Yosep, lokasi FDP akan terang benderang di waktu malam sehingga lebih menarik untuk dimanfaatkan menyelenggarakan berbagai kegiatan kepariwisataan, baik di tingkat kecamatan, Kabupaten Poso, Provinsi Sulteng bahkan acara-acara berskala nasional.

Humas PT Poso Energy Aslory mengatakan bahwa mata lampu yang akan dipasang berdaya 250 watt per lampu, sehingga lokasi FDP itu akan menjadi terang benderang di waktu malam.

"Kami berharap bantuan penerangan ini akan meningkatkan penggunaan lokasi FDP untuk berbagai kegiatan kepariwisataan, seni, budaya dan pendidikan yang berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemkab Poso setiap tahun menggelar Festival Danau Poso (FDP) di lokasi FDP Tentena seluas sekitar lima hektare tersebut yang terletak di pinggiran Danau Poso, sekitar 50 kilometer selatan Kota Poso atau 270 kilometer perjalanan darat arah tenggara dari Kota Palu.

Pada 2017 ini, FDP dijadwalkan akan kembali digelar di lokasi yang sama pada Oktober dan akan menjadi tempat persinggahan para peserta lomba balap sepeda Tour de Central Celebes yang mengambil rute dari Kota Ampana, Tentena, Parigi dan Palu.