Pemprov Sulteng Jamin Ketersediaan Logistik Bencana Alam

id Bartholomeus

Pemprov Sulteng Jamin Ketersediaan Logistik Bencana Alam

SOSOK Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulteng. DR.IR.Bartholomeus Tandigala (Foto Anas Masa)

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal persediaan logistik bencana
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menjamin masih memiliki logistik bencana alam dalam jumlah memadai di daerah itu.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal persediaan logistik bencana," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Bartholomeus Tandigala di Palu, Selasa.

Stok berbagai logistik, terutama bahan makanan, obat-obatan dan juga peralatan rumah tangga lainnya di gudang di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng cukup memadai.

Begitu terjadinya bencana alam, pihaknya langsung bergerak ke lokasi untuk membantu daerah yang mengalami bencana.

Selain menerjunkan tim reaksi cepat (TRC) ke lapangan, juga membawa berbagai jenis bantuan tanggap darurat yang dibutuhkan korban.

"Kita punya tim dan juga kendaraan operasional, termasuk mobil dapur umum dan pengolahan air bersih yang sewaktu-waktu dapat diturunkan ke lokasi bencana," kata Bartholomeus.

Dia juga mengatakan pihak BMKG rutin menyampaikan informasi tentang kondisi cuaca di wilayah Sulteng.

Informasi cuaca sangat penting bagi BPBD agar bisa mengantisipasi secepatnya bila terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Dengan adanya informasi cuaca, BPBD di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng bisa mengetahui kondisi cuaca yang terjadi setiap harinya.

Di Sulteng, kata dia, hampir semua wilayah rawan bencana tanah longsor dan banjir karena kondisi tanah labil dan banyak sunga-sungai kecil dan besar.

Sepanjang Januari hingga medio Februari 2017 ini, belum ada laporan dari kabupaten dan kota adanya bencana alam di Sulteng.

Namun demikian, kata dia, perlu tetap siaga mengingat musim hujan masih melanda sejumlah daerah di provinsi ini.