DPRD Palu Akan Rotasi Pejabat

id DPRD

DPRD Palu Akan Rotasi Pejabat

Iqbal Andi Magga, Ketua DPRD Kota (antarasulteng)

Iqbal: banyak pertimbangan dilakukan dalam menyusun personel AKD
Palu (antarasultengcom) - DPRD Kota Palu, Sulawesi Tengah, dalam waktu dekat akan melakukan rotasi pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) di lembaga legislatif tersebut.

Ketua DPRD Palu Iqbal Andi Maga mengatakan di Palu, Selasa, proses pemilihan pimpinan AKD dilaksanakan secara musyawarah dan tertutup.

Ia menjelaskan rotasi pimpinan AKD dilakukan sekali dalam dua setengah tahun sesuai regulasi yang ditetapkan. 

Olehnya pimpinan dewan memberikan kesempatan kepada setiap fraksi melakukan komunikasi politik.

Komunikasi politik dilakukan guna menghindari terjadinya kegaduhan pada saat proses pemilihan nanti. Sebab tahapan itu harus dilakukan secara mufakat, kemudian memperhatikan asas keseimbangan, asas keadilan serta memperhitungkan jumlah fraksi dan lain sebagainnya.

"Banyak pertimbangan dilakukan dalam rangka menyusun AKD. Sebelum melakukan pemilihan, setiap fraksi dipersilahkan membangun komunikasi politik dengan fraksi-fraksi lainnya," ujar Iqbal.

Sebut dia, rotasi pimpinan AKD itu meliputi Ketua Komisi, Badan Pembentukan Perda (Baperda) dan Badan Kehormatan DPRD.

Proses kompromi politik antarfraksi memang terjadi kelambatan, harusnya kesepakatan sudah dilakukan pada Sabtu hingga Minggu pekan kemarin. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi substansi pemilihan nanti.

"Ini merupakan dinamika dalam proses pemilihan. Saya kira hal ini tidak mengurangi substansi pemilihan nanti," tutur Iqbal yang mantan jurnalis itu.

Dengan sudah tersusunnya pimpinan AKD nanti, Iqbal berharap pimpinan-pimpinan tersebut lebih konsisten mengawal Pemerintah Kota hingga akhir masa jabatan dewan pada 2019 mendatang.