PLN Jamin Pasokan Listrik Normal Sebelum UNBK SMP

id listrik

PLN Jamin Pasokan Listrik Normal Sebelum UNBK SMP

Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin (kanan) bersaama Ka.Biro Antara Sulteng, Rolex Malaha (kiri) saat berkunjung ke Kantor Antara Sulteng di Palu beberapa waktu lalu. FOTO/Rolex Malaha)

"Saya tidak tahu apa jadinya jika musibah karena alam itu terjadi saat pelaksanaan UNBK," kata dia.
Palu,(antarasulteng.com) - Manajer PT PLN Area Palu Emir Muhaimin mengatakan pihaknya terus berupaya memperbaki menara listrik PLTA Poso yang roboh, agar posokan daya kembali normal sebelum pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP.

"Mudah-mudahan pekerjaan pembangunan `tower` (menara) PLTA itu bisa selesai dalam beberapa hari ke depan," katanya di Palu, Selasa.

Ia mengatakan untuk memulihkan kembali pasokan listrik dari PLTA ke gardu induk (GI) yang berpusat di Desa Sidera, Kabupaten Sigi, PLN telah mendatangkan menara darurat dari Sulsel dan Sulut.

Saat ini "tower emergency" itu sedang dalam perjalanan dan jika tidak ada aral melintang Selasa sore atau malam hari sudah tiba di lokasi di Desa Tabalu, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Robohnya "tower" PLTA di Desa Tabula karena faktor bencana alam banjir bandang Sungai Puna pada Senin (24/4).

Menurut dia, musibah tersebut terjadi setelah UNBK tingkat SMK dan SMA di Sulteng sudah berakhir.

"Saya tidak tahu apa jadinya jika musibah karena alam itu terjadi saat pelaksanaan UNBK," kata dia.

Dia juga mengatakan kronologis musibah robohnya "tower" PLTA Poso sudah dilaporkan kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

"Saya baru saja menghadap gubernur dan beliau meminta agar PLN terus transparan saja memberikan informasi kepada wartawan," kata Emir mengutip keterangan Gubernur Longki Djanggola.

Namun demikian, kata dia, Gubernur Longki juga meminta PLN segera melakukan pemulihan mengingat listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus mendapat perhatian serius.

"Saya katakan sama Pak Gubernur, kemungkinan besar saya akan mengawal langsung di lokasi sampai pekerjaan pembangunan `tower emergency` selesai," kata dia.

PLTA Poso merupakan satu-satunya pembangkit skala besar yang ada di Provinsi Sulteng selain memenuhi kebutuhan listrik di sejumlah wilayah Sulteng, juga Sulsel dan Sulbar.

Selama perbaikan "tower" PLTA Poso, sistem kelistrikan Palu yang juga melayani kabupaten seperti Parigi Moutong, Sigi, dan Donggala kini mengandalkan PLTD milik PLN dan PLTA milik PT Pusaka Jaya Palu Power (PJPP). )BK03/)