Tim SAR Terima Pengaduan 43 Penumpang Hilang

id tenggelam, feri, penumpang

 Tim SAR Terima Pengaduan 43 Penumpang Hilang

Sejumlah petugas mengevakuasi korban tabrakan kapal yang selamat, di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Rabu (26/9). PT ASDP Indonesia Ferry menyatakan sebanyak 215 penumpang berhasil dievakuasi dan 8 orang tewas dalam insiden tenggelamnya KMP Bahuga Jaya akibat ditabrak kapal tanker Norgas Ca

Lampung Selatan - Tim SAR gabungan menerima pengaduan dari 26 warga yang melaporkan kehilangan anggota keluarga mereka seluruhnya 43 orang, akibat kapal feri KMP Bahuga Jaya tenggelam di perairan Selat Sunda pada Rabu (26/9) lalu.

Menurut Koordinator Tim SAR di Pelabuhan Bakauheni Lampung, Saidar R Jaya, pihaknya pada Senin pagi ini kembali melanjutkan penyelaman untuk mencari korban yang diperkirakan masih terjebak di bangkai kapal feri itu.

Mengenai kepastian jumlah korban masih hilang, ia menyebutkan, pihaknya menerima laporan itu berdasarkan pengaduan yang masuk ke Posko Tim SAR Bakauheni.

Sedangkan jumlah orang hilang yang masuk ke Posko PT ASDP hanya enam orang.

Berkaitan perbedaan laporan pengaduan itu, ia menyatakan, kedua data itu akan dicocokkan, dan pencarian korban segera dilanjutkan pada pagi ini.

KMP Bahuga Jaya mengangkut 213 penumpang, dan sejauh ini baru tujuh orang penumpangnya dipastikan meninggal.

KMP Bahuga Jaya berangkat dari dermaga II Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Rabu dini hari pekan lalu.

Setelah berlayar 1,5 jam atau sekitar pukul 04.40 WIB, KMP Bahuga Jaya melintasi Pulai Sangiang dan bertemu dengan kapal tanker Norgas Cathinka (NGC) berbendera Singapura dari arah selatan Samudra Indonesia menuju utara Laut Jawa.

Saat mengetahui keberadaan kapal tanker itu, nakhoda KMP Bahuga Jaya berusaha menghindari kapal tersebut, dengan memutar haluan ke arah kiri untuk memberi jalan kepada tanker NGC.

"Ternyata Tanker NGC juga memutar haluan ke kanan, mungkin dengan tujuan memberi jalan kepada KMP Bahuga Jaya, hingga akhirnya NGC menabrak lambung kanan KMP Bahuga," kata Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih.

Setelah tabrakan tersebut, KMP Bahuga Jaya mengalami kemiringan ke arah kiri dan semakin miring karena muatan kapal bergeser ke lambung kiri.

Tidak kurang dari 20 menit, kapal feri ("roll on roll off/ro-ro) itu pun tenggelam. (H009)