TTG Di Sulteng Diperkirakan Dihadiri 15.000 Orang

id ttg

Kalau dikalikan tiga saja dari 5.000 undangan itu, kami perkirakan peserta yang akan hadir di TTG nanti berjumlah 15.000 orang
Palu,  (antarasulteng.com) - Pelaksanaan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional ke-19 di Kabupaten Parigi Moutong dan Kota Palu pada September mendatang akan menghadirkan 15 ribu peserta dari seluruh Indonesia.

Kepala Sub Direktorat Teknologi Tepat Guna, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ivan Rangkuti di Palu, Sabtu mengatakan panitia telah menyiapkan sebanyak 5.000 undangan untuk para gubernur, bupati, wali kota bersama para ketua Tim Penggerak PKK se-Indonesia.

"Kalau dikalikan tiga saja dari 5.000 undangan itu, kami perkirakan peserta yang akan hadir di TTG nanti berjumlah 15.000 orang," kata Ivan.

Ivan mengatakan pada 25 September, TTG akan diawali dengan pameran teknologi unggulan dan potensi desa yang diikuti kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tengah bersama lima kementerian terkait.

Puncak TTG ini direncakan berlangsung 27 September di lokasi Sail Tomini 2015 Dusun Kayu Bura, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, sekitar 75 kilometer tenggara Kota Palu.

Ivan berharap pada acara puncak gelar TTG ke-19, Presiden Joko Widodo bisa hadir karena panitia telah menjadwalkan mengundang seluruh kepala desa se-Provinsi Sulawesi Tengah.

"Karena sudah dijadwalkan gelar TTG akan mengundang seluruh kepala desa se-Sulawesi Tengah, Insya Allah Bapak Presiden bisa hadir," harapnya.

Selanjutnya pada 28 September 2017, agenda TTG akan melaksanakan lokakarya pengembangan dan pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi di Hotel Mercury Palu.

Di hari yang sama pukul 13.30 Wita akan dilaksanakan Rakornis Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD). Rakornis itu membahas program kegiatan Direktorat Jenderal PPMD tahun 2018 dan penetapan lokasi TTG 2018.

Agenda berikutnya 29 September 2017, para peserta akan diajak mengikuti widyawisata teknologi ke sentra produksi bawang goreng dan kain tenun di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

Ivan mengatakan dijadwalkan 30 September 2017, gelar TTG akan ditutup Gubernur Sulawesi Tengah Longki DJanggola di Sirkuit Panggona bekas lokasi STQ Palu di Bukit Jabal Nur.

"Nanti pada saat penutupan ini akan diumumkan pemenang sekaligus penyerahan juara lomba TTG unggulan tingkat nasional dan tempat pameran terbaik," paparnya. (skd)