Pemkot Palu Harapkan Kunjungan Wisatawan Meningkat

id fppn

Pemkot Palu Harapkan Kunjungan Wisatawan Meningkat

MERIAS TELUK PALU Petugas memasang spanduk menjelang pelaksanaan Festival Pesona Palu Nomoni (Foto: Antara/Basri Marzuki)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengharapkan kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara selama 2017 meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

"Ada dua kegiatan besar yang akan di gelar pada September 2017 ini dan sangat diharapkan bisa menarik wisatawan," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palu, Arsid Nurdin, Senin.

Ia mengatakan Pemkot Palu setiap tahun menargetkan kunjungan wisatawan meningkat.

Menurut dia, jika wisatawan yang datang ke Kota Palu meningkat, otomatis akan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian di ibu kota provinsi itu.

Pendapatan hotel, restoran dan para pelaku usaha dipastikan meningkat. Jika semunya meningkat, maka pendapatan daerah dan negara dari sektor periwisata juga jelas meningkat.

Karena itu, Pemkot Palu dalam rangka menggelar Pesona Palu Namoni (PPN) yang juga bersamaan dengan Pekan Budaya Indonesia (PBI) ke-III yang dijadwalkan berlangsung dari 22-28 September 2017 ini telah mengemas sejumlah kegiatan menarik yang diharapkan dapat menarik minat para wisatawan nusantara dan mancanegara.

Ada perlombaan dan pertandingan seni, budaya dan olahraga selama kegiatan tersebut berlangsung di pusatkan di Anjungan Nusantara Pantai Talise, Kecamatan Palu Timur.

Sepanjang 7,2 kilometer di kawasan Pantai Talise akan menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan pariwisata.

Arsid juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban dan kenyamanan selama dan pasca kegiatan dimaksud.

Apalagi, kata dia kegiatan ini merupakan salah satu program pemerintah untuk mendukung terwujudnya Palu sebagai Kota Budaya pada 2019.

"Kita sangat berharap Palu menjadi Kota Budaya," kata mantan kepala sekolah SMP Negeri 2 Palu itu.  (skd)