PLN Jamin Pasokan Listrik Untuk PBI

id listrik

PLN Jamin Pasokan Listrik Untuk PBI

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - PT PLN menjamin kecukupan dan kualitas pasokan listrik untuk menyukseskan kegiatan nasional Pekan Budaya Indonesia dan Festival Pesona Palu Namoni (PBI/PPN) dalam waktu dekat ini.

"Tidak ada masalah soal ketersediaan listrik untuk kedua kegiatan nasional yang akan digelar di Kota Palu dan diagendakan dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut," kata Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin, Senin.

Ia mengatakan daya yang tersedia di sistem kelistirikan Palu saat ini cukup memadai.

Sistem kelistrikan Palu yang juga melayani kebutuhan listrik di sejumlah kabupaten lain di Sulteng seperti Sigi, Parigi Moutong dan Donggala sekarang ini dalam posisi surplus.

Sistem Palu mengalami kelebihan daya sekitar 10 megawatt. Artinya, PLN memiliki ketersediaan daya yang memadai sehingga untuk kebutuhan PBI/PPN yang dijadwalkan berlangsung dari 22-28 September 2017 tersebut dijamin dapat terpenuhi.

"Kita semua berharap pembangkit listrik yang selama ini mensuplai daya ke PLN Area Palu, semuanya dalam kondisi bagus," kata dia.

Hanya saja, jika terjadi gangguan pada jaringan listrik, itu di luar kemampuan PLN karena sebagian besar jaringan, terutama PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Sulewana Poso menuju Kota Palu melewati kebun masyarakat dan kawasan hutan.

Jika terjadi gangguan, maka membutuhkan waktu cukup lama untuk menormalkan kembali karena medan yang dilewati jaringan PLTA melewati kebun masyarakat dan hutan.

Namun demikian, PLN tetap berupaya segera melakukan perbaikan jika terjadi gangguan pada pembakit, gardu maupun jaringan listrik.

Sistem kelistrikan Palu hingga kini mengandalkan suplai daya dari PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Disel) milik PLN sendiri, PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dan PLTA Sulewana Poso milik pihak swasta. (skd)