2.000 Warga Masyarakat Morowali Utara Pawai `Kemenangan`

id morowali

2.000 Warga Masyarakat Morowali Utara Pawai `Kemenangan`

Ilustrasi (Istimewa/MMC)

Ini pawai `kemenangan` bagi kami, karena setelah tertunda-tunda, kini Kabupaten Morowali Utara terwujud,
Palu,  (antarasulteng.com) - Sekitar 2.000 warga Kota Kolonodale dan Beteleme, Kabupaten Morowali, Sulaesi Tengah, turun ke jalan berkonvoi sepanjang 30 kilometer merayakan terbentuknya Kabupaten Morowali Utara yang ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI di Jakarta, Jumat siang.

"Ini pawai `kemenangan` bagi kami, karena setelah tertunda-tunda, kini Kabupaten Morowali Utara terwujud," kata Melky Kamesi, koordinator lapangan aksi, yang dihubungi di Kolonodale.

Pawai `kemenangan` itu dimulai di Kolonodale pukul 14.00 WITA diikuti masyarakat lintas etnis dan agama dengan berkeliling kota lalu bergerak ke arah Beteleme dalam jarak sekitar 30 kilometer dan bergabung dengan ratusan warga Beteleme lalu berkeliling kota dengan meneriakkan yel-yel `Hidup Morowali Utara."

Pawai tersebut berjalan tertib dan lancar, tidak ada kecelakaan dan dikawal oleh puluhan aparat kepolisian.

Sebelum pawai digelar, umat beragama, terutama jamaah Shalat Jumat di berbagai masjid di Kolonodale dan Beteleme serta beberapa gereja menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas penetapan Morowali Utara sebagai kabupaten ke-11 di Sulawesi Tengah.

Menurut Melky, rangkaian acara syukuran atas terbentuknya Kabupaten Morowali Utara itu akan dilanjutkan Jumat malam dengan menggelar acara tari-rarian massa berupa dero bersama di lapangan Morokoa, Kolonodale.

"Bapak Kapolres telah memberikan izin dan kami masyarakat sudah berjanji akan menjaga keamanan dan ketertiban selama menggelar acaya sukacita ini," ujar Melky.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu perjuangan rakyat Morowali Utara hingga kabupaten ini akhirnya bisa terbentuk," kata Melky lagi.

Sebelumnya, rapat paripurna DPR RI yang dipimpin Prio Budi Santoso di Jakarta, Jumat, menetapkan Morowali Utara sebagai kabupaten baru bersamaan dengan Kabupaten Konawe Kepulauan di Sulawesi Tenggara.

Rapat paripurna tersebut dihadiri penjabat Bupati Morowali Bahruddin H. Tanriwali dan Ketua DPRD Morowali Abudin Halilu serta ratusan warga Morowali Utara di Jakarta dan pejabat pemerintahan dan legislatif dari Kabupaten Morowali.

Kabupaten Morowali Utara ini merupakan pemekaran Kabupaten Morowali. Wilayahnya seluas 18.262 kilometer persegi, meliputi sembilan kecamatan dan 135 desa dengan jumlah penduduk 106.019 jiwa dengan ibu kota di Kolonodale. (SKD)