Pembangunan Palu Grand Mall Dipercepat

id mall, palu, pembangunan

Pembangunan Palu Grand Mall Dipercepat

Palu Grand Mall (dokumen)

Setelah saya berpikir lama dan meminta petunjuk dari konsultan, akhirnya saya menyanggupi untuk bisa menyelesaikan pembangunan pada akhir 2013.
Palu (antarasulteng.com) - Pembangunan pusat perbelanjaan Palu Grand Mall (PGM) di Kota Palu dipercepat menyusul desakan para penyewa tempat agar bisa beroperasi pada Desember 2013.

Direktur Palu Graha Sejahtera Karman Karim di Palu, Sabtu, mengatakan Palu Grand Mall seharusnya dijadwalkan beroperasi pada April 2014, namun para pengusaha yang telah menyewa tempat mendesak agar dipercepat pembangunannya.

"Setelah saya berpikir lama dan meminta petunjuk dari konsultan, akhirnya saya menyanggupi untuk bisa menyelesaikan pembangunan pada akhir 2013," katanya.

Menurutnya, hal itu menjadi tantangan tersendiri baginya. "Selama ini pembangunannya lancar, dan mudah-mudahan bisa lancar," katanya.

Pembangunan Palu Grand Mall sendiri dimulai sejak Juli 2012 di atas lahan seluas 2,7 hektare yang berada di sisi Teluk Palu.

Luas bangunan Palu Grand Mall sendiri mencapai 43,4 ribu meter persegi dengan luas area yang disewakan mencapai 22,2 ribu meter persegi, sisanya untuk lokasi parkir, pelayanan dan ruang publik lainnya.

Saat ini proses pembangunan pusat perbelanjaan terbesar di Kota Palu itu mencapai 35 persen. Untuk mempercepat pembanguan itu, pihak pengelola menambah hingga 600 pekerja dari Pulau Jawa.

Karman juga mengatakan sebuah perusahaan "Hypermart" juga akan beroperasi pada Juli 2013 untuk melayani masyarakat Kota Palu menjelang Idul Fitri.

Dia mengatakan Palu Grand Mall juga menyewakan tempat khusus untuk pedagang lokal yang jumlahnya mencapai 117 petak.

Saat ini terdapat 20 pengusaha lokal yang menyewa lahan seluas 2,6x2,6 meter. Mereka dikenai biaya Rp35 juta per meter untuk proses penyewaan selama 20 tahun.

"Kita harap pengusaha lokal bisa bertukar ilmu dengan pedagang nasional di Palu Grand Mall," kata Karman.

Sementara itu perusahaan yang telah siap mengisi Palu Grand Mall antara lain Matahari, Texas Chiken, Optik Tunggal, Body Shop, Rice Bowl, The Coffee Bean, dan Roty Boy.